Saturday, August 28, 2010

Meraih sukses

Terkadang menulis itu perlu pemikiran besar untuk dituangkan.
Terkadang menggambar itu perlu imajinasi tinggi untuk dilukiskan.
Terkadang berbicara itu perlu cukup keberanian untuk diucapkan.
Terkadang belajar itu membutuhkan sebuah niat kuat untuk dilakukan.
Dan terkadang berusaha itu perlu kesungguhan untuk diwujudkan.
Semua itu tidaklah menjadi hambatan
yang bisa menghalangi kita mewujudkannya
melainkan menjadi sebuah tantangan
yang sudah sepatutnya harus kita hadapi dan jalani
hingga menuju sebuah pintu kesuksesan.

Terkadang apa yang kau tulis tak sesuai dengan apa yang kau pikirkan.
Terkadang apa yang kau gambarkan tak sesuai dengan apa yang kau imajinasikan.
Terkadang apa yang kau bicarakan tak sesuai dengan apa yang kau rancangkan.
Terkadang apa yang kau pelajari tidak sesuai dengan apa yang kau kehendakkan.
Dan terkadang hasil yang kau capai sebagai buah usaha dari apa yang kau kerjakan
tak sesuai dengan apa yang kau rencanakan.
Semua itu tidak bisa menjadi alasan untuk dipersalahkan
dan membuat kita terperosok dalam keputusasan
melainkan menjadi sebuah acuan dan pedoman
untuk melangkah lebih jauh ke depan
hingga berhasil keluar dari pintu kegagalan.

Apa yang kita impikan tidak selalu terwujud langsung di langkah pertama. Terkadang kita perlu melakukan langkah kedua, ketiga, keempat, bahkan hingga keseratus demi memperolah impian itu. Kita perlu jatuh bangun berulang-ulang demi mencapai hasil yang maksimal. Hanya orang yang sabar untuk bertahan saja yang akhirnya akan berhasil sukses mewujudkan cita-citanya. Bukankah hal ini telah ditanamkan oleh kita bahkan saat kita masi di dalam kandungan. Sebelum janin terwujud, beribu-ribu sel sperma berkompetisi demi menembus satu sel telur. Hanya sel yang paling kuat untuk bertahan dan gigih mencobalah yang akhirnya keluar jadi pemenang sehingga terbentuklah janin. Konsep dasar ini perlu betul-betul tertanam di otak kita agar sekali gagal kita akan terus mencoba demi meraih seribu kesuksesan. Janganlah pernah bersedih kalau kau tak berhasil hari ini, itu bukan berarti kau gagal untuk selamanya, melainkan kau menyimpan kesukses di hari depan. Itu semua akan terwujud kalau kita tetap mencoba bukannya duduk berpangku tangan menyesali kegagalan. Bukankah Alloh telah menyuruh kita agar tidak pantang menyerah seperti yang terkandung dalam ayat berikut :
"Mereka tidak menjadi lemah karena bencana yang menimpa mereka di jalan Allah, dan tidak lesu dan tidak (pula) menyerah (kepada musuh). Allah menyukai orang-orang yang sabar." (Ali Imran:146)
Faktor lain dibalik sebuah kesuksesan adalah semangat yang membara. Jangan pernah padamkan semangat itu. Biarkanlah semangat itu berkobar-kobar dalam diri kita bahkan setelah kesuksesan dicapai. Semangat masih diperlukan setelah itu untuk menjaga dan mempertahankan apa yang telah kita peroleh. Kalau api semangat itu redup, tambahkan lagi minyak pemicu yang bisa membuatnya menyala kembali bahkan lebih besar. Bukankah ada pepatah yang mengatakan kalau mempertahankan suatu kesuksesan itu lebih sulit daripada meraihnya.
"setan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dngan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan, sedang Allah menjadikan untukmu ampunan daripada-Nya dan karunia. Dan Allah Mahaluas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui." (Al-Baqarah:268)
Ada banyak lagi faktor lain menuju sukses yang perlu kita ketahui yaitu kreativitas. Diperlukan sebuah kreativitas untuk bisa sukses. Dunia kini semakin berkembang. Dahulu hanya dipenuhi dengan keterbatasan teknologi, tetapi sekarang teknologi sudah tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata lagi dikarenakan selalu berkembang setiap detiknya. Sebagai contoh, dulu kita tidak pernah menyangka kalau kulit pisang bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan tepung ataupun bahan bakar alternatif pengganti minyak dari ekstraksi buah jarak seperti yang berhasil ditemukan oleh para peneliti sekarang ini. Itu merupakan bukti nyata dari eksistensi sebuah kreativitas. Kreativitas bisa memicu kita menemukan hal-hal baru dan terkadang bisa dibilang ajaib, tidak pernah disangka-sangka. Hanya orang yang memiliki kreativitaslah yang bisa berkembang dan bertahan di masa depan nanti karena dia akan terus berkembang dengan sejuta ide-ide menakjubkan. Jangan pernah sekali pun mematikan kreativitas pada diri kita karena hanya akan berujung pada kedinamisan pikiran sehingga membuat pandangan kita tidak meluas dan terbatas akan beberapa aspek saja. Awalilah dengan mimpi demi memicu munculnya sebuah kreativitas. Sebagaimana tercermin dalam firman Alloh Swt. :
"dan jika mereka mau berangkat, tentulah mereka menyiapkan persiapan untuk keberangkatan itu."(at-Taubah:46)
Dengan demikian untuk meraih kesuksesan diperlukan sikap pantang penyerah, semangat yang membara dan gigih berusaha, serta kreativitas untuk memunculkan sebuah inovasi hal baru yang lain dari sebelumnya. Teruslah berjuang demi mencapai cita-cita yang diinginkan dan tetaplah terus berjuang demi mempertahankan hasil yang telah diraih itu.

*Dedicated for myself that sometimes I feel down after failed to reach what i want

Motivasi untuk diri sendiri dan orang lain agar tidak pernah mengenal kata putus asa dalam hidup.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More