Saturday, April 23, 2011

It Is Like A Mirror


I think the nature law which says that whatever we do to other people no matter good or bad, it will turn aside us and we don't know when will it be, is true.

It's like a mirror. It will reflect back our deed. If you are doing good with people then people will do good to u as well. I do believe whenever I feel that people around me do not care to me it means that I do as the same as them. Perhaps, I do not realize that I did that also to the people.

Jangan terlalu banyak menuntut, karena hal itu hanya dapat membuat kita sakit. Kita menuntut ini itu untuk dipenuhi, tapi cobalah becermin terlebih dahulu pada diri kita apakah sudah patut untuk kita meminta tuntutan itu? Sebagai contoh, kita meminta uang jajan tambahan pada orang tua, tetapi sering kali kita melalaikan apa yang diperintahkan orang tua kepada kita, masih sering kita membantah perintah mereka. Lalu, apakah pantas bagi kita untuk menuntut kenaikan uang jajan? Jawabannya, tentu saja tidak, bahkan sangat tidak pantas.

Contoh lain, kita sedih karena merasa tidak diperhatikan orang lain, merasa jarang diajak bermain oleh teman-teman, atau kesal karena mendapatkan nilai yang kurang baik dalam ujian. Sebelum kita protes, sebelum kita merasa sedih akan hal itu, bukankah sudah sepatutnya kita mengevaluasi diri terlebih dahulu. Apakah kita memang sudah melakukan yang terbaik, apakah kita sudah berusaha dengan maksimal? Mungkin kita merasa bahwa kita telah cukup memberi perhatian terhadap sesama kawan, sesama manusia, namun bagaimana dengan lingkungan sekitar? Bagaimana sikap kita dengan alam seperti tanaman, hewan, sungai, dan sebagainya? Apakah sudah cukup juga kita memerhatikannya, menjaga lingkungan sekitar agar tetap baik dan nyaman? Sudahkah? Jika jawabannya adalah belum, maka pantaslah kita mendapat ketidaknyamanan itu. Ketahuilah bahwa kita juga tidak boleh melupakan alam sekitar untuk dijaga.

So, sebelum kita mengeluh akan perilaku orang lain terhadap kita, terlebih dahulu kita evaluasi diri kita akan hal apa saja yang telah kita lakukan selama ini yang mungkin saja bisa menjadi penyebabnya. Lain daripada itu, sesungguhnya mengeluh itu adalah hal yang tidak baik.

Talk less, do more, gain more as well

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More