Tuesday, May 3, 2011

Mari Mengejar Ilmu

(illustration : tarbiyah-dzatiyah.blogspot.com)

Ilmu apa nilai ya? Sering kali terlintas di benak kita manakah yang harus kita utamakan ketika tengah mengenyam bangku pendidikan. Semasa itu pula diri kita maupun pihak-pihak lain menginginkan agar kita sekolah agar menjadi pintar, bertambah ilmunya, dan mendapat nilai yang bagus. Namun tahukah kita bahwa ilmu dan nilai bisa menjadi dua hal yang sama, bisa juga menjadi dua hal yang berbeda dalam konteks pencapaiannya.

Mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, ilmu membahas dan membicarakan segala macam pengetahuan yang dapat dimiliki manusia, baik pengetahuan lahir maupun pengetahuan bathin, termasuk masalah-masalah yang tresedental dan metafisik. Sedangkan, pengertian nilai, menurut seorang Associate Prof. Department of Interdisciplinary Studies in Education, School
of Education San Francisco State College, Jack R. Fraenkel, idea atau konsep yang bersifat abstrak tentang apa yang dipikirkan seseorang atau dianggap penting oleh sesorang, (Value is any idea, a concept , about what some one think is important in life).

Memahami kedua konsep tersebut setidaknya kita akan mendapatkan gambaran dan bisa menentukan mana yang harus dikedepankan. Satu hal yang pasti, bila kita mengejar ilmu maka nilai akan mengiringi di belakangnya. Sementara kalau kita mengejar nilai, kemungkin besar akan menjerumuskan diri kita untuk menghalalkan segala macam cara hanya demi mendapat nilai tinggi dalam pelajaran.

Ilmu tak kan lekang dimakan zaman, dia akan senantiasa melekat di dalam pikiran, sementara nilai, kepuasan mendapatkannya hanya muncul sesaat saja saat kau mendapatkannya yang selanjutnya akan menguap seiring berjalannya waktu.

Memang, ilmu dan nilai adalah suatu hal yang tidak dapat dipisahkan. Mereka akan selalu datang bersamaan dan terkadang mengharuskan kita untuk memilih mana yang harus dikedepankan. Perlu kecermatan dalam menentukan pilihan ini.
Jadi, manakah yang hendak kita pilih? Tentukanlah pilihanmu sekarang yang mengarah kepada masa depan kita !



". . . demikianlah. Dan sesungguhnya ilmu Kami meliputi segala apa yang ada padanya. (QS, Al-Kahfi:91)"


0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More